gmki salatiga

gmki cabang salatiga
HIDDEN FIGURES

[Salatiga, 01 Oktober 2020].  Komunitas Gender GMKI Cabang Salatiga Mengadakan diskusi filem dengan judul “Hidden Figures”.

Filem Hidden Figures (Sosok Tersembunyi) disutradarai oleh Theodore Melfi dan penulisnya adalah Melfi dan Allison Schroder.  Filem ini dirilis terbatas pada akhir tahun 2016 dan ditayangkan secara luas pada tahun 2017 diseluruh Amerika Serikat.

Hidden Figures mengkisahkan Tiga (3) sosok perempuan cerdas namun sering mendapatkan diskriminasi karena memiliki kulit berwarna hitam. Ketiga perempuan itu bernama Katrin Johnson, Dorothy Voughen dan Mary Jackson.

Ketiga perempuan ini bekerja di NASA (National Aeronautics and Space Administration) sebagai ahli teknisi, ahli perhitungan dan juga pengawas.

Walaupun memiliki peran yang sangat penting dalam NASA, akan tetapi mereka sering diremehkan dalam lingkungan kerja, karena dianggap mereka seorang perempuan dan kurang pantas untuk bekerja di NASA apalagi kulit berwarna hitam.

Perbedaan warna kulit telah menciptakan ruang diskriminasi yang mencolok antara orang berkulit putih terhadap orang berkulit hitam. Hal ini terlihat jelas dalam filem ini, dimana gelas minum dan toilet yang digunakan oleh perempuan berkulit warna hitam (Katrin Johnson, Dorothy Voughen dan Mary Jackson) dan perempuan berkulit putih sangat berbeda.

Akan tetapi dengan perlakuan tersebut ketiga perempuan ini tidak patah semangat dalam bekerja, melainkan mereka membuktikan bahwa mereka bisa setara dengan laki-laki ataupun dengan orang-orang yang berkulit putih sekalipun.

Dengan semangat yang dimiliki, mereka pun mendapatkan dukungan yang luar biasa dari orang-orang terdekat serta didukung dengan kejeniusan serta keberanian yang mereka miliki. Sehingga pada akhirnya tiga sosok perempuan tersembunyi ini menampilkan  terang mereka bersama dengan perempuan-perempuan lainya.

Dalam konteks  Indonesia perbedaan agama, suku, budaya dan sosial merupakan hal yang pastinya kita temui dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara.

Sehingga dengan adanya Filem Hidden Figures ini, mengajarkan kepada kita bahwa membeda-bedakan ras, agama maupun status sosial merupakan diskriminasi terhadap seseorang atau kelompok tertentu.

Oleh karena itu, jadikanlah perbedaan (Ras, Agama, dan sosial) sebagai anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita untuk saling melengkapi dan menopang.

[Diskriminasi selalu ada dan pasti ada dalam kehidupan kita, akan tetapi dengan semangat kolaborasi yakinlah ruang-ruang diskriminasi akan semakin sempit]

Penulis: Deva Arifia Doki -Koordinator Komunitas Gender GMKI Salatiga

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.