gmki salatiga

gmki cabang salatiga
REFLEKSI MALAM NATAL GMKI SALATIGA

GMKI Salatiga mengadakan refleksi malam Natal sekaligus makan bersama (24/12) di Student Center GMKI Salatiga. Ibadah refleksi dipimpin oleh Sekfung PK dan Akspel. Dalam sesi refleksi, anggota yang hadir menyampaikan refleksinya lewat sticky note (tanpa menulis nama) yang telah disediakan. Adapun hasil refleksi umumnya bergulat pada proses perkuliahan. Selain itu, ada juga yang menyesalkan sikap dan perbuatannya selama ini yang kurang berkenan. Misalnya, membuang-buang waktu untuk hal yang tidak produktif. Bahkan, mengeluarkan perkataan yang melukai orang di sekitarnya. Meski begitu, tidak jarang para anggota menuliskan ungkapan syukur atas berkat dari Sang Kepala Gerakan yang senantiasa dirasakan walaupun berada di dalam berbagai tantangan. Namun, para anggota tidak hanya diminta menuliskan hasil perenungan sepanjang tahun 2020 yang tinggal menghitung hari ini.

Para anggota juga diminta untuk menuliskan apa yang menjadi harapannya di tahun 2021. Dari sekian harapan yang dituliskan, para anggota mengharapkan agar pandemi covid-19 dapat segera terkendali. Mengingat angka terkonfirmasi covid-19 di Indonesia saat tulisan ini dibuat sudah mencapai 692.838 kasus (covid19.go.id) dan tak kunjung ada tanda-tanda penurunan. Di samping itu, ada harapan agar keluarga tetap dalam keadaan sehat. Terutama mereka yang renta. Bagi anggota yang telah lulus kuliah, harapan terbesarnya adalah mendapatkan pekerjaan. Namun, ada pula yang sudah memantapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Strata 2). Sedangkan yang lainnya berharap agar segera menuntaskan masa ber mahasiswanya. Selanjutnya, refleksi dan harapan yang telah dituliskan kemudian dibacakan oleh anggota lainnya. Di akhir sesi refleksi, pemimpin ibadah memberikan pesan untuk saling menguatkan satu dengan yang lain di antara sesama anggota GMKI. Khususnya GMKI cabang Salatiga. Ibadah refleksi diakhiri dengan doa dan puji-pujian.   

Berbagi Tugas

Di pagi hari, BPC telah menyiapkan berbagai bahan baku yang telah dibeli dari pasar pagi. Siang harinya sekitar pukul 13.00 WIB, aktivitas masak-memasak dimulai. Para anggota mulai berbagi peran. Laki-laki bertugas memanggang daging ayam. Sedangkan perempuan memasak nasi, sayur dan membuat sambal. Setelah semua selesai dimasak, menu dan peralatan makan disiapkan bersama-sama. Begitulah penampakan di GMKI Salatiga. Semua dilakukan bersama-sama. Atau istilah yang sering disebut para senior GMKI Salatiga dengan sikap egaliter (sederajat). Peralatan makan bekas pakai menjadi tanggung jawab masing-masing (self-service) tanpa membebankan orang lain, cuci sendiri. Bahkan, pengurus cabang dan anggota tidak ada sekat yang berarti.

Ibadah refleksi dan makan bersama dihadiri oleh sekitar 20-an anggota dan beberapa rekannya. Anggota yang hadir adalah mereka yang tidak bisa merayakan natal bersama di kampung halaman bersama keluarga karena kondisi pandemi covid-19 yang semakin merajalela. Sebagian besar anggota yang notabene menjalani kuliah online telah pulang kampung jauh-jauh hari sebelumnya (sebelum libur semester). Suasana di Student Center yang biasanya sunyi dan gelap selama masa pandemi, sedikit diramaikan dengan adanya ibadah refleksi dan makan bersama. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan. Selamat Natal.

Defri Harianto Natan, Anggota GMKI Cabang Salatiga, Maper 2018.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.